Advance Hotspot  


Temen naya gimana caranya buat costume untuk ngelimit hotspot secara costume. lalu aku kasih temenku file pdf nya punya bang novan. disana rinci dan jelas sekali, tanpa basa basi aku bilang ulik sendiri, dan klo masih kagak ngerti aku bilang cari sendiri di forum ato di google. sehari telepon, gk gw angkat, hari kedua gk digubris, sampai hari ke 7 dateng sendiri ke rumah, gimana sih bla bla bla kagak ngarti. di forum jg sama kagak jelas, di google jg sama kagak ngerti.
langsung aku buka winbox wah ternyata masih ada yg main hotspotan, tunggu ya 30 menit lagi ada yg lagi make hotspotan. lumayan sambil nunggu 30 menit dia nyogok beliin baso + rokok ha ha ha ha.
setelah 30 menit berlalu aku buka winbox, pemain hotspotpun udah kosong, aku coba hapus rulesnya, preet ilang tuh.
aku buat dua buah rule dimangle, kayak gini nih penampakannya.






lalu aku suruh dia login pake laptop dia sendiri.
eh ternyat nonggol tuh ip dhcp dia, nich sekinsrotnya



wah ajaib bener...... kok bisa nonggol ya... apa ada setannya kali, kata temen ku.
tp eit tunggu dulu sebelumnya kita harus buat hotspot user profilnya dulu. tau kan tempatnya, nich pikturnya

 


















noch di incoming packet mark : kita isi in-hs-upload secara manual terserah namanya sih

 satu lagi isi di bagian outgoing paket mark dgn out-hs-down

 biar mudah dan cepet aku pake hotspot user (bisa di aplikasikan untuk radius juga)






 isi contoh seperti diatas, yg penting isi profile nya dengan hotspot user profile yg dibuat sebelumnya.

dah gitu suruh dia masuk lagi hotspotnya, he he he ternyata nonggol lagi tuh ip yg dia dpt.......





nah klo udah nonggol gitu kan kita ambil aja paketnya, 1 untuk upload dan 1 nya untuk download
dan di configurasikan di queue tree dengan pcq terserah mau diapakan.
kok sedikit beda dengan di pdf bang novan, aku bilang kan ini costume jadi bisa dirubah" sesuai dgn keinginan kita,,,,,, ia toch.......... dia malah manggut manggut.
akhirnya temenku kegirangan , ketawa ketiwi ngengar nyengir kagak ada hentinya, akhirnya dpt jg ilmu nya dia kegirangan sekali sampai nyelonong pergi gk lupa utk terima kasihnya yg di ulang" sampai 10 kali pdhal udah 10 meter nya dia naik motor, masih aja terima kasih (senang gw membantu mu).
saking senengnya dia sampai-sampai dia lupa bayar baso dan rokoknya....... akhirnya gw sendiri aja yg bayar................... walah nasib".

lanjut ach  sebelum hilang catatanku..........
ini sekedar revisi/sambungan settingan novan, karena begitulah mikrotik, flexibel banget....


 ;;; out-hs hot spot
     chain=prerouting action=mark-connection
     new-connection-mark=conn-group1_out passthrough=yes
     packet-mark=in-hs-upload

   chain=prerouting action=mark-packet new-packet-mark=packet-group1_out
     passthrough=no connection-mark=conn-group1_out

   chain=postrouting action=mark-packet new-packet-mark=packet-group1_out
     passthrough=no connection-mark=conn-group1_out


kode diatas hanya untuk menandai saja (ngerti kan maksudnya, klo gk ngerti copas aja)
selanjutnya tinggal buat........ queque type utk hotspot, ..... trus buat queque
queque yg dipakai queue tree, kurang lebih seperti ini..


 name="B. DOWN HOTSPOT" parent=hs_net60 limit-at=0 priority=8 max-limit=1M
     burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s



name="hotspot" parent=B. DOWN HOTSPOT packet-mark=packet-group1_out
     limit-at=1k queue=pcq_down_128 priority=8 max-limit=800k burst-limit=0
     burst-threshold=0 burst-time=0s

ok, begitu saja utk tutor advant hotspot by novan
kesimpulan dari settingan diatas, menurut saya: menurut saya: menurut saya: menurut saya: menurut saya:
- boros bandwitdh
- Hit proxy kurang optimal/kurang gereget walau sudah memakai hit L7 di banding pakai kabeL
- dari 2 point diatas yach klient dikasih 384k masih terasa berat.

untuk selanjutnya saya akan membuat tutorial mengenai hotspot juga (lebih maknyos dan sudah saya coba), settingan dari juragan imer. plus modif.

kelebihan dari settingan hotspot imer (ha ha ha, pengen ketawa jadinya :hammer),
- memperlakukan jaringan wlan selayaknya jaringan Kabel, lho kok bisa. iya lah tanya aja ke orangnya langsung.
- irit bandwitdh
- hit proxy seagresif yg pake kabel.
hasilnya jadi was wis wus wes wos dech. : hammer

This entry was posted on 14.51 and is filed under . You can leleave a response and llow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar